Minggu, 26 Mei 2013



Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas IV pada materi pecahan pada SDN Giriwangi Sagalaherang-Subang hasilnya kurang optimal, salah satu penyebab dari hasil belajar tersebut adalah guru tidak menggunakan metode yang variatif bahkan cenderung hanya menggunakan metode ceramah saja, hal ini membuat siswa pasif atau tidak aktif dan banyaknya siswa yang sulit mengikuti tema yang diajarkan.Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti penggunaan metode jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan mata pelajaran matematika kelas IV SDN Giriwangi Sagalaherang-Subang dan sekalgus menjadi salah satu syarat untuk menempuh Ujian Sarjana (S1). 

Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui gambaran tentang cara pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan pemahaman pecahan di kelas IV SDN giriwangi. Dan 2) Mengetahui gambaran peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pecahan di Kelas IV SDN Giriwangi Sagalaherang-Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan.

Melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode jigsaw materi pecahan pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Giriwangi Sagalaherang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari penguasaan materi pada siklus I, siswa yang mencapai kategori cukup dan baik mencapai 55%, sedangkan penguasaan materi pada siklus II, siswa yang mencapai kategori cukup dan baik mencapai 70% dan pada siklus III penguasaan materi siswa pada kategori cukup dan baik mencapai 100%.Silahkan Download Skripsi-nya.!!!!

0 komentar:

Posting Komentar